email: tl2010action@gmail.com
tl2010action@yahoo.co.id
twitter @TL2010action

9 bulan, dan Melahirkan sebuah Mahakarya :)

Assalamualaikum Tens, 
sesungguhnya Writing is not about knowing, but it's about sharing and caring. Soo, saya disini mau ngisi blog TL cuman mau share pengalaman aja, dan supaya generasi Pejuang Lingkungan yang kuliah di Teknik Lingkungan lebih berkembang B) amiin..

9 bulan men.. 9 bulan.. bergelut dengan 2 kata yaitu,


Baiklah, saya disini mungkin akan lebih mengangkat Kerja Praktek saya, yang berjudul :
" Sistem Pengolahan Limbah Cair PT. Bio Farma (Persero), Bandung"

Nah, kenapa saya milih judul itu ? katanya siih katanyaa.. intinya kuliah di TL tu ya limbah cairnya Tens, meliputi desainnya, ngerti satuan prosesnya, satuan operasi, gambar tekniknya, itungannya, analisisnya, cara sampling air limbahnya dll.

So, berbanggalah yang mengambil KP tentang Limbah cair :p. (Walaupun rada ada tangisan dan pertumpahan darah saat menyelesaikan KP hehe)
Nah, secara personal saya milih di Bandung, agar pas KP bisa sekalian refreshing gitu, dan juga biar kuat dan tangguh saat kembali ke Semarang membuat Laporan KP *ngeles*

Nah, sebelum memulai KP kita buat alternatif perusahaan mana yg pengen kt masukin. Jadi if worst come to worst perusahaan yang pengen banget kita jadiin tempat KP menolak, kita punya cadangan lain. 
Gimana to supaya dapet perusahaan yang diinginkan pas KP ?
1. Berdo'a (tahap ini lumayan menguras pikiran dan bikin galau tentunya) 
2.Dihubungin pihak HRD nya, bagaimana alur pengiriman proposal KP, segera kirimkan secara KILAT
3. apabila tidak ada tanggapan, tetap hubungin terus via email atau ponsel
4. setelah menunggu selama 3 minggu tak kunjung ada kabar, segera tinggalkan, dan pindah ke alternatif perusahaan B yg tak kalah kerennya hehe.
Nah, setelah ada konfirmasi positif dari perusahaan, kalian akan dihubungi dan dapet Surat Penerimaan Kerja Praktek. :)

Trus.. mau crita dikit deh pengalaman pas KP. Pas KP itu bener-bener mengaplikasikan dan melihat secara langsung apa yang diajarkan Bapak dan Ibu dosen saat kuliah, ngerti yang dinamakan bak aerasi, pompa submersibble, caranya membubuhkan klor, mencium aroma limbah yang sesungguhnya, ngeruk lumpur dari sludge drying bed, nguras bak sedimentasi, dll. Jadi, belajar dulu ya sebelum masuk ke kantor, Agar pas ditanyain sama pembimbing lapangan mudeng hehe. :p

I have a really really good time in KP :) (nge kos for the 1st time and di lingkungan Sunda pula)
dulu, biar saya selalu ingat data-data yang harus diambil, dan tujuan KP sebenarnya, saya membuat ini,
Data yang kudu diambil pas KP, tempel yang gede2 di kamar
Kalendar+agenda yang sudah dilakukan tiap hari
sengaja miring biar ga bs dilihat :p

Bagi kalian yang KP jangan sia-siakan waktu mu, apabila sedang magabut time ya muter-muter aja di perusahaan, bersihin kolam ikan, bikin larutan kimia, nggosip sama operator IPAL atau nyapu-ngepel IPAL (serius ini) soalnya dengan itu, kita bs ngerti 'esensi' pekerjaan yang sesungguhnya, dan lebih mendalami dunia Limbah Cair. 


Sedang dinas di Bio farma di Cisarua, Pengolahan kompos dari Sampah Organik

Foto dengan sahabat IPAL (Mas Sandy dan Pak Hendry)

Dengan teman KP periode sama, dan EHS
Nah Setelah masa KP selesai, saatnya bertarung dengan laporan KP dan kembali ke ke kampus, disini dibutuhkan ketangguhan, kerajinan dan semangat juang yang tinggi, karena akan bertarung dengan kemalasan menyentuh laporan. hehe *pengalaman
Nah.. puncaknya dari KP akan menjalankan SEMINAR KP, masyaAllah ini nervousnya buanget, jadi kudu seminar didepan banyak orang dan 3 dosen. Setelah itu ada revisi pula.. Oh indahnya Dunia.. :)
Tapi beruntunglah saya, mempunyai partner KP (satu bimbingan dosen+gengs limcair) yang begitu terbuka, mengayomi, memberikan pundak saat menangis, tertawa bahagia, dan gila-gilaan. :D Here, there are 
DolPinnisa-Saya-Ipeh-Annida


Dan sesungguhnya, saya sangat Bersyukur mendapatkan Pembimbing yang gemi setiti lan ngati-ngati yang selalu sabar dan membimbing saya mengerjakan Laporan KP saya. Selalu sukses untuk Bapak, Pahlawan tanpa Tanda Jasa.
Salah satu kalimat yang saya kutip dari beliau
"Jangan hanya berusaha 100%, tapi 1000% agar yang kamu hasilkan sempurna dan bermanfaat bagi orang lain"- Pak Ganjar Samudro, ST, MT


Alhamdulillah 9 bulan saya memahami, bergelut, berkecimpung, menangis, tertawa, menggalau dengan laporan KP ini, dan akhir nya saya menghasilkan karya seni yang begitu ciamik artistik dinamik, yang dinamakan LAPORAN KERJA PRAKTEK! Allahuakbar!

Tetap semangat bagi Tens yang on progress menghasilkan mahakaryanya (KP atau TA), dan Selamat menjalan KP bagi adik-adik ku tersayang, get your own incredible experiences, and Allah always with Us, :)

Wassalamualaikum,

Salam Hangat,
wkw/2014

5 komentar:

  1. 9 bulan macem ibu mengandung yak ...... duh pedih...tapi asik lho... #senasib

    BalasHapus
  2. Oke.... kenapa gue baru nemu halaman web ini yah.... Ga ada foto gue lagi.... Ckckckck.... :)))

    BalasHapus
  3. Selamat siang kak. Saya dari TL 2014. Kak mau tanya, kalo di biofarma tema kp yang bisa diambil apa aja ya kak? Terima kasih kak sebelumnya:)

    BalasHapus
  4. Selamat siang kak. Saya dari TL 2014. Kak mau tanya, kalo di biofarma tema kp yang bisa diambil apa aja ya kak? Terima kasih kak sebelumnya:)

    BalasHapus
  5. Assalamualikum,
    Wah pengalaman yang luarbiasa..
    Cocok sekali sebagai refrensi buat aku.
    Mohon Doanya, Insyaa Allah aku ambil limbah cair juga di PT. Biofarma

    Ka boleh saya tanya-tanya seputar KP lewat email?

    BalasHapus