email: tl2010action@gmail.com
tl2010action@yahoo.co.id
twitter @TL2010action

Memory of the roof top PLTU Banten 1 Suralaya

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

                Kalau mendengar cerita kawan yang sedang KP sepertinya aku merasa seperti belum KP secara sempurna ,*emang sempurnanya gimana?ga tau juga deh -_-.Tetapi banyak pengalaman mengasikan yang aku temukan disana. Tepatnya di PT. Indonesia Power UBOH PLTU Banten 1 Suralaya. Disana aku ga sendirian,ditemani oleh teman-teman PKL dari Universitas Trisakti (Teknik Lingkungan), Universitas Indonesia (Teknik Mesin) dan Universitas Gajah Mada (Teknik Elektro).

                Pertama kali datang kesana, aku terkagum-kagum oleh pemandangan laut. Yah jadi aku bisa melihat laut dari perjalanan pulang, pergi bahkan disananya. Disana itu enaknya hampir setiap perusahaan itu punya antar-jemput, entah pakai Elf, Mini Bus, Hyeas (tulisannya ga tau benernya gimana, ya sejenis mobil Cipaganti gitu lah), Inova, Avansa, dll.Dan jam 6.00 kurang itu semua bis sudah mulai ramai menjemput, ada pula yang jam 6 pas itu bisnya sudah berangkat, “telat ya ditinggal”.Waaaw....tapi dihari pertama aku berangkat barengan kakakku, dan itu jam 6 kurang sudah harus berangkat karena biar tidak terjebak kemacetan. Meski masih jam 6, tetapi kota pun cukup ramai oleh bis jemputan,waaaaaa..........cuma bisa melongo deh

                Setelah nyampe, ya tentu perkenalkan diri ke beberapa pegawai dan menunggu pembuatan ID Card dan dipinjemin Safety Shoes serta Safety Helmet.Habis itu langsung ke site. Jadi setiap pegawai dan PKL yang datang  maupun yang mau pulang itu ke kantor UBOH dulu, biasanya untuk absen baru lanjut ke Site dengan menggunakan bis atau mobil antar-jemputan. Jarak dari kantor ke Site kira-kira yah petung kuda ke Jembatan tol lah. Terus lanjut briefing dengan pembimbing lapangan tentang keselamatan kerja cus gabung ke PKL lainnya.

                Diawal aku KP, aku bingung sendiri karena unitnya yang sedang off. Ga cuma para PKL yang magabut, bahkan pegawainya pun juga magabut kecuali bagian pemeliharaan. Tapi karena di PLTU Banten 1 sendiri mau mendaftakan PROPER tahun ini jadi divisi lingkungan sedang sibuk-sibuknya,jadi PKL di bagian lingkungan (aku dan 2 mahasiswi trisakti) disuruh bantuin penyiapan PROPER. Waktu demi waktu, kerjaannya cuma bantuin aja, tapi sambil minta data dikit-dikit karena ga berani langsung minta data banyak,hehehe. Tetapi kita ga cuma di kantor terus, kadang main ke Coal Handling (Gunungan batubara,atau tempat penampungan batu bara), ke TPS Limbah B3, bahkan seringnya maen ke Laboratorium buat nonton TV *loh...skip skip

                Lanjut aja yah yang setelah lebaran, karena ini titik mulai keasikannya. Ya seminggu awal masuk masih sama sih sebenarnya, ngejar PROPER.skip langsung ajalah. Nah setelah 1minggu awal itu, aku ditinggal sendiri di divisi lingkungan. PKL dari Trisakti udah kelar, mba-mbanya training ke Bandung selama 1 minggu,Aduh piye ikiiii.....#pegangkepala.Langsunglah aku maen aja ke Laboratorium air. Jadi WWTP di PLTU Banten 1 itu sebelahan sama gedung Laboratorium. Isinya ya Divisi KLK3 (Kimia, Lingkungan dan K3). Biasanya aku duduk manis di laboratorium lingkungan, karena sepi dan ruangannya dingin berasa kaya di dalem kulkas jadi aku maen ke laboratorium air. Trus Unit pun running,yeeeey.....alhamdulillah.

                Karena PKL yang tersisa cuma aku dan 2 mahasiswa UGM yaudah sharing-sharing bareng aja. Mereka pun diminta untuk memahami proses PLTU jadi hampir tiap hari mereka jalan-jalan, daripada nganggur di Lab yaudah aku ikutan aja,dan alhamdulillah malah diijinin banget. Ini nih pengalaman terasik!!!Naek gedung yang tangganya itu kaya kasa jadi bisa lihat ke bawah. Ada 12 lantai,sebenarnya ada lift tapi kadang liftnya macet ditengah jalan, jadi mau ga mau kita naek tangga manual. Oke bayangkan gedung tak bertembok tak berlantai, lihat kemana pun kelihatan, asli mendingan naek tornado di Dufan deh.oke kalem.......karena aku cewe sendiri jadi aku paling belakang.Baru pertama kali aku naek, bayangannya kakinya keblabasan trus jatuh piye,haduuuuuu...oke aku cuma berani sampai lantai 10, tapi itu sudah ngalahin rekor disana. Ga ada satu cewe pun yang mau naek bahkan sampai lantai 10.yeeeey......

                Selain itu pengalaman terasik juga aku dapat waktu sampling air di 2 titik penaatan, yaitu 100m dari kanal dan 100m dari Tanjung pujut. Dengan mengendarai kapal yang khusus mancing *berasa kayak di film BBF deh, membelah lautan cuma untuk sampling.Hore maen aeeeeerrr....^^. Sebenarnya masih banyak lagi cerita asik disana tapi kalau ditulis bisa berpuluh-puluh lembar,hehehe. Tapi tempat yang paling aku favoritin itu di atap atas gedung laboratorium #Memory of the roof top. Bisa melihat hamparan laut dan ngelihat PLTU Banten 1.Maaf ya aku ga pintar menulis cerita seperti lainnya,dan teruntuk keluarga TL 2010, atas doanya aku akhirnya bisa sampling dan lihat langsung WWTPnya running. ternyata di dunia KP banyak lika likunya juga (baca:unitnya mati).Berikut langsung foto-fotonya aja deh,hehehe.selamat menikmati


Ini Lokasi Kerja Praktek PLTU Banten 1 Suralaya (tapi cuma sebagian dan unit 1-7 atau UBP Suralaya)

Slogan K3 dimana-mana

Ini K3 tapi karena masuk ke ruangan jadi wajib dilepas dan ditaruh ditempat yang tersedia

Sebenarnya lantai yang di gedung yang 12 lantai kayak gini, tapi ini bukan foto yang diatas itu. Ini foto yang dari site mau nyebrang ke area intake dan penambahan chlorine

this is it Gedung laboratorium

Ini batu bara yang diangkut oleh tongkang, yang kapal ga kefoto deh

Ini jalan mau ke dermaga punya Indonesia Power,sebelah kiri ada belt conveyor (nyalurin batubara untuk proses utama) dan di kanan ada coal handling (tempat penampungan batubara)

Ini jalan mau ke dermaga, bisa dilihat kanan dan kirinya laut,yuuuh.....pengen nyebur


Nah ini sebelahnya dari gambar coal handling di atas, jadi disebelah kiri ada kayak danau buatan untuk kebun mangrove

Nah ini dermaga.kita ga boleh kesana karena pas jatuhin batubara dari kapal/tongkang ke hopper (cerobong buat ke belt conveyor) ini pada berterbangan meski sudah pakai APD tetap berbahaya

Ini bisa dikatakan nodenya belt conveyor,hehhee


Nah ini nih,naek sampai ke lantai paling atas.paling ujung lantai 12, tapi cuma berani di lantai 10,hehehe.lumayanlah

Ini foto yang diambil dari Lt.10


Yang ini foto yang diambil dari Lt.8

Ini memory of the roof top (soalnya fotonya dari atap gedung laboratorium),hehe











                Terima kasih sudah mau melihat-lihat.Akhir kata wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

~ARM~

1 komentar: