email: tl2010action@gmail.com
tl2010action@yahoo.co.id
twitter @TL2010action

Kerja Galau .Kerja Praktek dalam Kegalauan.

Assalamualaikum wr.wb
asik banget sekarang TL10 ada blognya.. jadi kalo ada yang pengen dicurhatin bisa langsung ngepost.
sejujurnya aku ga jago banget nulis atau menuangkan apa yang dipikiran dalam berupa tulisan. Ga sejago Lina,afid, atau puti.. tapi gapapa ya aku coba nulis.. soalnya lagi galau banget.....iya......gara2 KP :')

aku sebenernya dulu itu ga kebayang banget mau mulai Kerja Praktek secepat ini.. alasan pertama : aku aja belum nemu minat aku kearah mana soalnya semua mata kuliah di Teknik Lingkungan itu asik2 banget.  alasan kedua : aku ga punya link seupil pun , alasan ketiga : aku ga pernah kepikiran untuk lulus cepet.
tiba-tiba disuatu siang puti temen seperjuangan dari awal menginjakkan kaki disemarang , ngajakin bareng2 buat ngurus KP.. disitu aku udah ga ngerti banget karna aku kayanya satu-satunya manusia yang ga ada arah+link buat tujuan tempat KPnya..

tp emang mungkin jalan Allah ya .. Puti juga yang akhirnya nawarin link.. apa mungkin Puti itu seorang malaikat ? entahlah.. Puti nawarin link ke PT.PALYJA Jakarta (PAM LYONNAISE Jakarta) . Jujur, aku ga pernah denger itu tempat apa... eh ternyata itu suatu tempat kaya PDAMnya Jakarta gitu tapi swasta.. (FYI , di Jakarta konsumsi air untuk masyarkatnya di supply oleh PT.PAM JAYA lalu PAM JAYA bekerja sama dengan PT.PALYJA(untuk daerah barat jakarta) dan PT.AETRA (untuk daerah timur jakarta)).

Intinya Puti nawarin link ke 3 orang (Aku,Karin dan Lina). karena Karin rumahnya di daerah Tangerang, alhasil karin ngambil judul tentang SPAM dengan cakupan wilayah Jakarta Barat. Sedangkan aku,Puti,Lina yang bertempat tinggal didaerah Depok dan Bogor akhirnya milih daerah untuk KP di wilayah Jakarta Selatan. Puti ngambil SPAM, Lina ngambil PBPAM, aku ngambil OM (Operational dan Maintenance).

Sejujurnya lagi, aku ga pernah ngerti kenapa aku ngambil OM. awalnya malah mau ngambil Limbah  karna kayanya asik. tapi karna menyesuaikan dengan link yang satu-satunya ada , dan tersisa cuma bidang OM biar bisa terus bareng2, yauda deh alhasil aku ambil OM.

Detik-detik menjelang KP akhirnya dateng juga . ternyata penempatan tempat KP ga sesuai perkiraan . Aku,Lina ditempatkan di tempat yang sama yaitu di IPA Cilandak Jakarta Selatan . kalo Puti di kantor UPP Selatan Palyja (kaya kantor jaringan distribusi+transmisi air Bagian Selatannya Jakarta gitu)

Minggu pertama aku KP masih sendiran , karna Lina seminggu izin buat ada acara di Malaysia. Nah ! Pas Kp itu juga semua masalah yang kecil keliatan jadi gedeeeee bangeeeet !!
yang pertama : pemahaman aku soal OM masih kecil banget !
yang kedua : Pas ngelaksanain KP (liburan semester 5), pulang ke rumah ga bawa BUKU yang berkaitan dengan OM secuilpun !!
yang ketiga : AKU GA NGERTI APA YANG MAU DILAKUIN SELAMA KP. (fix,gagal kan)

Hari pertama kedua okelah perkenalan , jam kerja ngikutin jam kerja pegawai 08.00-16.00, aku dapet tugas buat nyusun dokumen instruksi kerja , kadang2 pulang jam 17.00, Pembimbing aku di Instalasi sering ga ada ditempat karna banyak urusan di Palyja Pusat. Asik banget awal2, pegawainya semua ramah (walaupun jumlah pegawainya dikit sekitar 12 orang ). Hari keempat aku mulai panik karna aku ga ngerti harus ngumpulin data apa . Akhirnya aku mulai nanya-nanya ke senior yang dulunya ngambil OM .. nah, dari situ aku udah mulai kearah sedikit.. aku mulai nyusun listnya.. terus aku mulai minta2 datanya , ngobrol2, dll..

Minggu kedua , si Lina akhirnya masuk.. sekarang giliran lina yang perkenalan dll.. karna ada temennya, jadi makin asik buat main ke sana-sini di Instalasi , jadi ada temen ngobrol lain selain pegawai yang disana soalnya biasanya pegawainya pada sibuk-sibuk..

Langsung aja ya ke inti KP di Palyja .
IPA Cilandak itu salah satu IPA di PT.PALYJA yang mensuplai air ke wilayah Jakarta Selatan. PT.Palyja itu punya 4 IPA yang tersebar di Jakarta.
beda sama IPA yang lain, IPA Cilandak ini masih konvensional prosesnya . debit yang diambil sekitar 400 l/dtk.
Selama disana , pas banget lagi ada pembersihan bak prasedimentasi yang biasanya dilakuin 3 bulan sekali . dan masa pembersihannya sekitar sebulan !. kok lama banget nir ??? iya soalnya pembersihannya dilakuin secara manual alias para pekerja lepas yang ngebersihin pelan-pelan setiap hari,setiap minggu selama sebulan.



Sedih ga liat ini ? biasa aja ya ? aku masa sedih pas liat masih ada proses kaya gini di tahun modern . mereka lagi nguras bak prasedimentasi dari lumpur . jadi lumpurnya harus di kuras keluar dengan pompa, fungsi mereka adalah mereka yang ngegiring lumpur tersebut kearah pompa trs ngebersihin lumpur2 itu dari sampah biar ga nyumbat si pompa. ohiya mau ngasih infomasi lagi kalo PT.PALYJA itu yang punya orang Perancis . nah, orang Perancis ngedesain pengolahan buat ngambil air kita, terus uang penjualan airnya nanti dia dapet juga , terus orang pribumi (notabenenya yang punya ini air) malah masih disuruh nguras bak pra sedimentasi sebesar 80 m x 10 m x 3 m selama 1 bulan full secara manual :""") sedih ga ? sedih yuk.


Luasnya bak Prasedimentasi yang harus dikuras

tadi aku ngasih tau kan ya kalo IPA Cilandak masih konvensional prosesnya ? karna masih terdiri dari intake, pra sedimentasi, koagulasi, flokulasi, sedimentasi, dan filtrasi.
di IPA Cilandak ini ada 2 Water Treatment Plant . 1 Unit WTP Lama (yang dibuat sama Belanda di jaman Belanda) 1 lagi WTP UCD (yang dibuat sama Perancis tahun 1998).

Perbedaan 2 unit ini cuma di kapasitas,unit sedimentasi dan filtrasinya .
WTP Lama ada WTP I dan WTP II masing2 bisa ngolah air 100 l/dtk total 200 lt/dtk
sedangkan WTP UCD langsung bisa ngolah 200 l/dtk ukurannya minimalis
unit sedimentasi WTP Lama bentuknya plate settler, WTP UCD Tube Settler
unit filtrasinya WTP Lama masih bentuk gravitasi , WTP UCD pake filter tekan dengan pompa (gunanya untuk mempercepat proses terbentuknya air bersih)

Tangki Filter yang dibuat Belanda

Tangki Filter yang dibuat Perancis

hmm , selama sebulan ya aku sama Lina gini2 aja .. pernah kita seminggu abis ga ada kerjaan, pembimbing ga ada , malah baca komik seharian karna kita ga bawa buku referensi satupun disana juga ga ada perpus...
Nah , saran aku nih , pas nanti temen2 lagi KP, jangan lupa bawa BUKU REFERENSI Sebanyak-banyaknya ya biar ga useless disana.. lumayankan bisa nyicil laporan :") ga kaya aku sekarang keteteran .

kalo boleh jujur nih ya , aku sekarang lagi galau-galaunya .. soalnya laporan KP ku masih banyak banget yang misteri .. bab 5 aku kepending 2 minggu di pak Irawam (selaku dosbing) tapi ujung2nya dibalikin (kayanya) ga pake dibaca dan cuma bilang 'besok balik lagi bawa sebendel ya nir'. dari situ aku nyari2 lagi mana laporan yang masih kurang soalnya laporan ku selama 2 minggu kepending itu ga diperiksa sama pak Irawan . eh bener aja , masih banyak banget yang kurang detail.. orang awam pasti bingung kalo baca laporan ku nanti...
sekarang jadinya aku ngepost ini aja .. mau nyentuh laporan KP aku masih ngawang , mau nyentuh dokling ga ada mood .(kormat gagal)

huahauahahahahahaha udah ya teman-teman segitu aja cerita aku, nanti dilanjut lagi ya . :'D walaupun agak nyampah semoga bermanfaat.
oiya selamat 2 tahun ya !!! (1 may 2013) semoga kita selalu bisa bahagia bareng2 . 20 tahun lagi reunian di Jepang ya :')

wassalamualaikum wr.wb :'D
full of love,nira :)

3 komentar:

  1. 20 tahun lagi? kelamaan nir,semoga bisa dalam 5 tahun kedepan (amin) :)

    BalasHapus
  2. nira nanti sharing secara personal yak, secara aku kan OM juga, daaaaan papi Ira juga.....

    Khafid optimis..

    BalasHapus
  3. seruuuu nira ceritaanya :')
    ditunggu nih ceritanya nih yg lain yg udah duluan KP itung2 sambil nunggu seminar KP nya sambil galau nulis di blog :D

    BalasHapus