email: tl2010action@gmail.com
tl2010action@yahoo.co.id
twitter @TL2010action

5 (Calon) Engineer dalam Episode Tour de Jateng

... “Long weekend ini kita liburan bareng yuk?” “Temanggung yuk?” “Sekalian Dieng aja, aku belum pernah kesana” “Jogja juga yuk” “Eh ayok, aku juga bingung dari Temanggung ke Semarang gimana, kan kalo dari Jogja kan gampang” “Oke cus”...

Itulah sekelumit percakapan yang jadi awal mula perjalanan ini, Aku, Dolpin, Mona, Syahnaz dan Isma. Silakan dinikmati...

Sesuai perjanjian, kami berangkat ke Temanggung yang jadi hometown Mona hari Rabu malam menumpang mobil Mona. Janjinya jam 6 sore berangkat, tapi apa daya kok ketoke Tembalang sedih ditinggal kita jadinya hujan deras dan lama yang bikin keberangkatan molor jadi baru berangkat 7.30 malam. Bawen seperti biasa macet karena mungkin hampir semua orang pengen keluar dari Semarang. Di sepanjang jalan, kami diliatin orang-orang karena kami naik mobil Satpol PP-nya ayah Mona. Mungkin kami dikira cewek-cewek hasil razia kali ya... Setelah menempuh perjalanan yang berkelok, pada pukul 11 malam sampailah kami di Temanggung yang punya slogan Temanggung Bersenyum!

TEMANGGUNG
Ini nih daerah pegangannnya Mona, Tens!!!! Nah selama di Temanggung, kami menumpang di rumah Mona yang paling megah se-Temanggung. Alhamdulillah banget kami bisa sekalian icip-icip makanan khas Temanggung, kayak Ketan Lopis, Bakso Uleg, Martabak Telor, Wedang Ronde. Kalo liat namanya sih mungkin kalian bilang biasa aja. Tapi serius deh ini tuh beda dan enaknya seduniaaaaaaaaa~ Kita juga ke makam mbah Jungprit (kalo gak salah, kalo salah mohon koreksi). Begitu dateng kita disambut sama kera-kera. Gapuranya mirip kayak di Temple Run gitu deh. Disana ada makan mbah Jungprit yang biasa jadi tempat mistis gitu terus juga ada mata air yang dereeees banget yang dipercaya kalo cuci muka pake air itu bisa awet muda

Gapura Makam Mbah Jungprit yang mirip Temple Run

Tempat "doa" Gua Makam Mbah Jungprit

Makam Mbah Jungprit

WONOSOBO
Sebelum ke Dieng, kita mampir ke perkebunan teh Tambi. Pastinya kalian udah gak asing sama tempat ini. Nah berhubung aku baru pertama kali jadi norak banget tiada ampun hehehe. Ternyata Wonosobo kece banget yah pemandangannya. Setelah puas foto-foto di Tambi kita cus ke Dieng. Kali ini kita pengen anti mainstream, kita naik di bak mobil Satpol PP-nya Mona hehehe, jadilah di jalan kita digangguin sama orang-orang dan mobil belakang kita bahkan di foto segala sama mereka! Gardu Pandang Tieng jadi tujuan kami juga loh Tens, ketinggiannya 1500an mdpl gitu. Naaah disini ada cerita unik juga, mamanya Mona jago banget Bahasa Inggrisnya dan beliau ajak ngobrol seorang bule cewek dari Australia namanya Suzanne (kalo gak salah loh ya). Kita juga bereng doi loh...
Setelah itu kita lanjutin perjalanan sampe ke Dieng. Nah kalo kemarin kita beli tiket terusan untuk 4 tempat wisata; Dieng Plateau Theatre, Kawah Sikidang, Telaga Warna dan Candi Arjuna. Dari keempat tempat, cuma candi Arjuna yang gak kita kunjungin karena keterbatasan waktu. Gak lupa juga kami icip-icip kentang goreng Dieng yang enaknya ngalahin kentang goreng KFC atau Olive dan juga Mie Ongklok.

Di bak mobil Satpol PP, Tambi

Bareng bule Australia, Suzanne

Telaga Warna, Dieng

Kawah Sikidang, Dieng

YOGYAKARTA
Hari pertama di Jogja kami berencana ke Taman Pelangi di Monjali (Monumen Jogja Kembali). Taman Pelangi beroperasi kalo malem aja Tens karena isinya lampion-lampion cantik nan keci. Kalo siang yang beroperasi Monjalinya. Next day, pagi-pagi kami ke Candi Prambanan dengan menaiki Trans Jogja. Kami beli tiket terusan untuk 2 candi yaitu candi Ratu Boko dan candi Prambanan. Jadi, begitu kalian sampai di candi Prambanan kalo kalian beli tiket terusan, kalian akan dijemput oleh Shuttle Bus menuju candi Ratu Boko. Jarak candi Ratu Boko dan candi Prambanan cukup jauh sih, sekitar 20-30 menit lah. Pulang dari candi-candi cantik, kami cus menuju Malioboro. Selesai jalan-jalan sore di Malioboro, kami ketemuan sama Duta Pariwisata DIY yaitu Izul. Kita makan di trotoar Pasar Beringharjo.

Taman Pelangi

Candi Ratu Boko

Candi Prambanan

Candi Prambanan; karena salah satu komplek candi kurang stabil jadi pengunjung diwajibkan pakai safety helmet

Karena foto muka sangat mainstream :p

Trotoar Pasar Beringharjo

Jogja jadi destinasi terakhir liburan kami, saatnya kembali ke Semarang, ke realita.
Terimakasih Mona&Keluarga, Syahnaz&Mas Wawan, Isma, Dolpin dan Izul atas liburan serunya!
Segitu dulu deh Episode Tour de Jatengnya. Semoga kalo ada kesempatan kita bisa liburan bareng lagi. TL2010, Action!